Biar Aman Beli Hewan Kurban Bertanda Khusus

64

Bandar Lampung, suarakota.idJelang Hari Raya Idul Adha pada 11 Agustus 2019 mendatang, Bidang Kesehatan Hewan Provinsi Lampung bersama Balai Veteriner Lampung, melaksanakan Pemeriksaan kelayakan hewan untuk kurban pada lapak penjual di Kota Bandar Lampung, Senin (5/8).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan Dan Peternakan Lampung, Drh. Anwar Fuadi, Saat berada di lapak penjual disekitaran Teluk Betung Bandar Lampung, mengatakan hewan kurban harus memenuhi syarat kesehatan selain termasuk syarat berdasarkan Islam.

“Sampai dengan sore ini pemeriksaan dilakukan dan alhamdulillah tidak ditemukan hewan kurban yang terjangkit penyakit seperti antraxs dan sebagainya, hanya saja tadi di beberapa lapak kita jumpai kambing yang masih belum cukup umur untuk menjadi hewan kurban.” kata Drh. Anwar Fuadi.

Anwar Fuadi menambahkan hewan kurban yang baik harus sehat bebas penyakit, tidak cacat, cukup umur dan diutamakan ternak jantan yang tidak kurus. Selain itu secara teknis, hewan kurban harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang diterbitkan oleh Dokter Hewan atau otoritas veteriner asal hewan kurban.

“Hewan Kurban yang sudah dilakukan pemeriksaan akan kita beri pendant atau tanda dari tim. Artinya telah memenuhi syarat baik kesehatan atau secara syariat Islam”. imbuh Drh. Anwar Fuadi.

Pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan hingga saat pemotongan hewan kurban berlangsung, untuk memeriksa apakah organ dalam hewan kurban layak dan sehat untuk dibagikan ke masyarakat.

Untuk diketahui, Pemeriksaan hewan kurban tersebut melibatkan tim yang terdiri dari 112 Dokter Hewan 154 Paramedik Veteriner, 491 orang Tenaga Teknis terkait, serta 47 orang Relawan yang tersebar di Seluruh Provinsi Lampung.

Mendekati Hari Raya Idul Adha 2019 ini, masyarakat diimbau untuk memastikan ternak yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat dan telah diperiksa oleh Dokter Hewan atau petugas teknis. (SK001)