Cara Menghilangkan Bekas Stiker Sepeda Motor

32

suarakota.id Seiring pemakaian, biasanya stiker yang menempel pada motor akan rusak dan terkelupas dengan sendirinya. Stiker akan sulit dilepas, jika pun bisa dilepas, biasanya meninggalkan noda lem yang sudah melekat kuat dengan bodi.

Bagaimana cara efektif menghilangkannya? Ternyata nggak bisa sembarangan nih, detikers. Perlu sebuah cairan khusus yang bisa menghilangkan noda bekas stiker yang tertinggal di bodi motor. Cairan ini disebut penetran, di pasaran cairan ini punya merek macam-macam.

Lalu jika sudah punya cairan pembersih ini, gimana cara mengaplikasikannya? Cukup mudah kok. Seperti dilansir dari motorbikewriter, langkah pertama adalah dengan menyemprotkan cairan penetran tersebut ke lapisan stiker yang akan diangkat. Biarkan sekitar satu menit supaya cairan meresap.

Setelah itu, gunakan hair dryer untuk melelehkan stiker dan noda lem tersebut. Usahakan berada dalam jangkauan ideal. Jangan terlalu dekat, karena udara panas yang diembuskan alat pengering rambut tersebut bisa melelehkan part bodi yang terbuat dari plastik. Setelah diuapi, tunggu sekitar 10 detik.

Selanjutnya, angkat stiker secara perlahan. Dimulai dari ujung stiker, angkat pelan-pelan menggunakan kuku. Jangan sampai menggunakan benda tajam seperti pisau atau cutter, karena itu bisa membuat bodi lecet.

Setelah stiker terangkat sepenuhnya, semprot kembali noda lem yang tertinggal dengan menggunakan cairan penetran. Langkah terakhir, dipungkasi dengan mengelapnya menggunakan kain bersih yang halus (micro fiber). (SK111)