Ini 3 Bahan Alami Yang Ampuh Mengatasi Kulit Gatal

45

suarakota.id Kulit gatal biasanya bukan sesuatu yang serius karena rata-rata penyebabnya tidak berbahaya. Namun, tentu saja akan menjengkelkan jika rasa gatalnya tidak sembuh-sembuh, apalagi jika kamu tidak bisa menahan diri untuk tidak menggaruk kulit yang gatal tersebut.

Selain kulit yang digaruk akan terasa perih, tentunya menggaruk-garuk di depan umum juga merupakan hal yang sedikit memalukan kan? Jadi, untuk menjaga agar tanganmu tidak menggaruk-garuk lagi, berikut beberapa bahan yang bisa kamu ramu sendiri di rumah untuk dijadikan obat gatal.

Baking Soda

Baking soda, atau sodium bikarbonat, mampu memerangi rasa gatal yang disebabkan oleh apapun dan mengatasi iritasi kulit. Baking soda memiliki penetralisir asam alami, yang bisa meredakan rasa gatal dan peradagan yang disebabkan oleh alergi, gigitan serangga, terbakar sinar matahari, kutu, herpes, dan bahkan cacar air. Selain itu, baking soda juga mengembalikan keseimbangan pH kulit

Cara menggunakan baking soda untuk memerangi rasa gatal adalah:

  • Campurkan baking soda dengan air sehingga teksturnya jadi seperti bubur kental.
  • Lalu, oleskan ke bagian yang gatal. Jangan dioleskan ke luka terbuka
  • Atau, kamu juga bisa menambahkan satu cangkir baking soda ke dalam bak mandi, lalu rendam tubuhmu ke dalam air mandi tersebut selama 30 – 60 menit.
  • Ketika sudah selesai, biarkan kulit kering sendiri. Jangan gunakan handuk.

Oatmeal

Kandungan alami oatmeal memiliki anti-gatal dan meredakan iritasi. Kandungan alami tersebut adalah silikon, beta-glukan, dan avenanthramides. Bahan yang terakhir ini adalah elemen utama dari oatmeal dan bisa mengatasi kulit yang kering, meradang, dan gatal.

Semakin murni oatmeal (hanya sedikit mengalami pemrosesan), semakin banyak kandugan avenanthramides-nya. Jika bisa, selalu gunakan tepung gandum yang tidak diproses. Atau, beli saja oat mentah dan kamu bisa tumbuk sendiri. Oatmeal instan sebenarnya bisa digunakan, tapi kurang efektif

Cuka Apel

Cuka apel adalah antiseptik alami dan merupakan salah satu bahan yang ampuh untuk menghancurkan bakteri. Cuka apel mengandung asam asetat yang mampu mengembalikan keasaman alami kulit dan menghancurkan mikroorganisme yang menyebabkan kulit iritasi.

Cuka apel banyak digunakan pada pengobatan alami untuk mengatasi kulit kering, jerawat, bentol-bentol, dan alergi. Bahan antisepitknya juga berguna untuk menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga mencegah infeksi lebih jauh pada kulit yang bermasalah.

Campukan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1. Lalu celupkan kapas ke campuran tersebut, dan totolkan ke bagian yang bermasalah. Tambahkan 3 cangkir cuka apel ke bak mandimu, lalu berendamlah di dalamnya selama 30-40 menit. (SK111)