Jika Tak Ada Yang Membantu, Ini Cara Mengatasi Tersedak Seorang Diri

28

suarakota.id Ketika sedang asyik menyantap makanan atau menyeruput minuman favorit, mungkin saja Anda tidak sengaja tersedak. Jangan sepelekan, karena kondisi ini bisa jadi gawat dan butuh penanganan cepat. Jika tak ada orang di sekitar Anda yang bisa menolong, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi tersedak sendiri.

Bagaimana tersedak bisa terjadi?

Dikutip dari Healthline, seseorang bisa mengalami kondisi tersedak akibat adanya makanan, benda, atau cairan yang tersangkut di tenggorokan.

Makanan atau cairan yang tersangkut ini menyumbat batang tenggorokan, sehingga pernapasan pun menjadi terhambat.

Pada anak-anak dan balita, tersedak biasanya terjadi akibat memasukkan benda-benda asing berukuran kecil secara sembarangan ke dalam mulut. Sementara itu, orang dewasa umumnya tersedak karena makan atau minum terlalu cepat.

Jika seseorang mengalami kondisi ini, cara mengatasi tersedak yang paling sering dilakukan adalah dengan batuk-batuk hingga makanan atau minuman yang menyangkut keluar atau turun melewati tenggorokan.

Hampir setiap orang, termasuk Anda, mungkin pernah mengalami kondisi tersedak sekali seumur hidup. Kondisi ini biasanya tidak berlangsung lama, namun berpotensi membahayakan nyawa jika tidak kunjung menghilang dan menyumbat pernapasan terlalu lama.

Cara mengatasi tersedak sendiri tanpa bantuan orang lain

Sering kali Anda membaca cara-cara mengatasi tersedak pada orang lain. Namun, apa yang harus Anda lakukan apabila Anda sendirian dan mengalami kondisi ini?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi tersedak pada diri sendiri:

1. Tetap tenang.

Usahakan untuk menenangkan diri dan jangan panik. Bereaksi panik hanya akan memperparah rasa tersedak dan justru membahayakan diri Anda sendiri.

Tersedak memang kondisi yang cukup serius karena Anda mungkin akan merasa kesulitan bernapas untuk beberapa saat. Namun, Anda perlu bersikap tenang dan yakin bahwa kondisi ini pasti dapat Anda lalui dan Anda akan baik-baik saja.

2. Paksakan diri untuk batuk.

Cara kedua untuk mengatasi tersedak jika sedang sendiri adalah batuk sekuat tenaga. Apabila Anda masih bisa batuk dan berbicara, itu artinya batang tenggorokan Anda tidak tersumbat sepenuhnya.

Cara lain untuk mengatasi tersedak yang tidak terlalu parah adalah dengan memaksakan diri untuk tertawa.

Hindari minum air atau menelan paksa makanan yang tersangkut di tenggorokan. Hal tersebut justru berpotensi memperparah kondisi tersedak.

3. Telepon nomor darurat.

Apabila Anda merasa tidak sanggup mengatasi kondisi tersedak ini sendiri dan semakin sulit bernapas, segera hubungi nomor telepon darurat. Anda bisa menghubungi 118 atau 119 untuk mendapatkan layanan ambulans atau layanan medis darurat.

Meskipun Anda mungkin kesulitan bicara dan merasa hampir pingsan, tim medis akan tahu bahwa Anda sedang mengalami kondisi gawat dan membutuhkan pertolongan sesegera mungkin.

4. Mendorong perut.

Cara mengatasi tersedak lainnya adalah dengan mendorong perut sendiri. Teknik ini hampir sama dengan yang Anda lakukan ketika memberikan pertolongan pertama kepada orang yang tersedak. Bedanya, Anda melakukan teknik ini ke diri Anda sendiri.

Pertama-tama, letakkan tangan dengan posisi mengepal di atas pusar Anda. Kemudian, pastikan ibu jari Anda berada di antara pusar dan tulang rusuk Anda.

Setelah itu, pegang kepalan tangan Anda dengan tangan yang satunya. Dorong sekuat tenaga bagian perut Anda secara berulang kali.

Dorongan-dorongan di perut akan memberikan tekanan di bagian bawah diafragma Anda. Cara ini diharapkan dapat mengatasi tersedak dan mendorong udara yang tersisa di paru-paru, sehingga makanan yang tersangkut di tenggorokan akan terdorong keluar.

5. Gunakan kursi.

Jika cara sebelumnya tidak berhasil mengatasi kondisi tersedak, lakukan lagi teknik itu sendiri dengan teknik sedikit berbeda.

Ulangi lagi langkah mendorong perut dengan kepalan tangan tadi, tapi kali ini lakukan sambil bertumpu di sebuah kursi. Dengan bersandar di kursi, tekanan yang diberikan semakin besar dan udara pun lebih mudah keluar ke arah atas atau tenggorokan. (SK111)