Konsumsi 12 Makanan Ini Jika Anda Ingin Atasi Mata Kering

23

suarakota.id Dilansir dari berbagai situs kesehatan dunia, saat ini, 48% orang dewasa Amerika secara terus menerus mengalami gejala mata kering. Gejala mata kering, selain mata kering yang masuk kategori iritasi,  muncul gejala lainnya yaitu mata terasa seperti terbakar, grittiness, dan kesulitan membaca atau melihat layar untuk jangka waktu yang lama alias mata kabur. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu untuk mata kering dapat membantu menjaga hidrasi mata dengan tepat.

Apakah Anda bingung mau makan makanan apa yang terbaik untuk mata Anda? Ada lebih banyak makanan yang kaya nutrisi mata diluar wortel. Berikut ini makanan untuk mengatasi mata kering dan meningkatkan kesehatan mata Anda serta membantu melindungi dari penyakit yang mengancam penglihatan Anda.

1. Segenggam almond.
Pistachio, kenari, almond – jenis apa pun yang menggelitik kesukaan Anda – kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E yang meningkatkan kesehatan mata Anda.

2. Ikan.
Ikan utamanya ikan laut kaya akan nutrisi untuk mata yang sakit. Namun jika Anda tidak suka makan makanan laut, Anda bisa mendapatkan persediaan omega-3 yang baik dengan menggunakan suplemen minyak ikan atau mengonsumsi suplemen vegetarian yang mengandung minyak biji kismis hitam atau minyak biji rami.

Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Pilih salah satu varietas berminyak ini setidaknya dua kali seminggu: Tuna (segar, tidak kalengan), Ikan kembung, Ikan salmon, Ikan sarden, Ikan haring, Teri.

3. Tanaman Hijau Berdaun.
Kubis Brussel, kangkung, peterseli, dan bayam serta kalium cocok untuk sakit mata. Kalium juga bagus untuk mata kering karena merupakan salah satu komponen penting yang membentuk film air mata Anda. Film air mata hanyalah lapisan tipis air mata yang menutupi kornea yang terbuka.

Kadar kalium yang rendah telah dikaitkan dengan kerusakan film air mata Anda, dan kalium sangat penting untuk menjaga ketebalan film. Untuk menjaga kadar potasium Anda tetap tinggi, makan makanan ini pisang, kentang manis, kentang kacang putih, yogurt, kedelai. Brokoli, kacang polong dan alpukat juga merupakan sumber yang baik dari dua antioksidan kuat ini.

4. Minyak kelapa sawit, minyak kedelai yang kaya Omega 3.
Minyak Ikan, Minyak Biji Rami dan Minyak Biji Kismis Hitam. Suplemen super ini mengandung asam lemak omega-3 dan memiliki banyak manfaat kesehatan mata. Asam lemak omega-3 selalu dikaitkan dengan nutrisi yang baik untuk mata Anda. Ada tiga jenis Omega-3 yang tidak dapat disintesis dalam tubuh dan harus ditambahkan dalam makanan Anda. Ketiga asam ini adalah asam Eikosapentaenoat (EPA), asam docosahexaenoic (DHA) dan asam alfa-linolenat (ALA).

Berikut daftar makanan yang dapat meningkatkan asupan Omega-3 harian Anda:

  • Minyak kelapa sawit, minyak kedelai.
  • Biji chia.
  • Ikan berlemak, terutama salmon, tuna, trout atau halibut.
  • Kacang kenari, biji labu, biji rami.
  • Omega – 3 tepung yang diperkaya, pasta, oatmeal
  • Telur yang diperkaya omega-3, susu, yogurt, susu kedelai
  • Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari: Kacang-kacangan dan biji-bijian (seperti biji rami), Minyak sayur, Kedelai, Sayuran berdaun hijau. Anda mungkin juga perlu mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3. Bicaralah dengan dokter Anda tentang hal itu sebelum Anda mencobanya.

5. Telur.
Vitamin dan nutrisi dalam telur, termasuk lutein dan vitamin A (yang dapat melindungi dari kebutaan malam dan mata kering), meningkatkan kesehatan dan fungsi mata.

6. Buah Jeruk dan Berry.
Buah ini kaya akan zat antioksidan. Mata kering dapat disebabkan oleh kerusakan radikal bebas dalam tubuh, dan penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas ini dan dapat memperlambat proses oksidasi. Makanan kaya antioksidan mudah diidentifikasi karena mereka biasanya berwarna kaya gelap, ini termasuk: Bayam, Kale, collard green, Acai berry, Goji berry, blueberry dan lainnya.

7. Buah dan Sayuran Berwarna-warni.
Anda mungkin ingat nasihat ini dari masa kecil Anda, “makan lebih banyak wortel akan membantu Anda melihat lebih baik.” Nah, persis bisa jadi solusi untuk mata kering Anda. Untuk meringankan gejala mata kering Anda, Anda harus memiliki asupan harian dari beberapa nutrisi penting seperti Omega-3, kalium, antioksidan dan banyak air.

8. Daging sapi.
Dalam jumlah sedang, daging sapi tanpa lemak dalam diet Anda dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Daging sapi mengandung seng, yang membantu tubuh Anda menyerap vitamin A dan mungkin berperan dalam mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia lanjut. Makan sehat itu baik untuk seluruh tubuh Anda – terutama mata Anda. Lihatlah bagian resep sehat mata kami, dengan resep mudah untuk salad kale ala deli, smoothie tropis setelah berolahraga, dan banyak lagi.

9. Salad kacang.
Kacang merah, kacang hitam dan lentil adalah sumber bioflavonoid dan seng yang baik – dan dapat membantu melindungi retina dan menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak.

10. Konsumsi air yang cukup.
Air sangat penting untuk menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik di semua area, tidak termasuk kesehatan mata Anda. Jaga agar mata Anda tetap terhidrasi dengan minum 8 hingga 10 gelas air sehari selain air yang diserap oleh makanan yang Anda makan.

11. Biji bunga matahari.
Bantu menjaga mata Anda sehat dan bebas penyakit dengan mengemil biji bunga matahari, yang merupakan sumber vitamin E dan seng yang sangat baik.

12. Lutein dan Zeaxanthin kaya Asam lemak omega-3.
Nutrisi ini dapat meringankan iritasi mata kering yang gatal. Secara khusus, omega-3 membantu menenangkan peradangan di kelopak mata Anda atau pada permukaan mata Anda. Mereka juga dapat membantu air mata Anda melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik. Diet kaya omega-3 membantu kelenjar di mata Anda yang disebut kelenjar meibom membuat bagian berminyak dari air mata Anda. Minyak membantu menjaga air mata Anda mengering terlalu cepat di mata Anda.

Kedua antioksidan ini mengurangi kemungkinan Anda memiliki banyak penyakit mata kronis. Antara lain, mereka membantu menjaga sel-sel di mata Anda sehat dan bekerja dengan baik. Anda bisa mendapatkannya dengan memakan telur, jagung, dan sayuran hijau.

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan mata Anda dan membantu gejala mata kering Anda, fokuslah pada nutrisi-nutrisi utama ini. Demikian penjelasan mengenai makanan untuk mengatasi mata kering. (SK111)